• Home
  • Blog
  • Sarasehan Nasional dan Paztrooper Festival 2023 Alhamdulillah Selesai Dengan Baik

Sarasehan Nasional dan Paztrooper Festival 2023 Alhamdulillah Selesai Dengan Baik

Anjrah Ari Susanto Selasa 26 Desember, 2023 Share
Sarasehan Nasional dan Paztrooper Festival 2023 Alhamdulillah Selesai Dengan Baik

Memberpaz.net - Paztrooper adalah sebutan untuk para praktisi gaya sehat dan ilmu terapi paz al kasaw.

Sedangkan Paztrooper Fest atau Paztrooper Festival 2023 merupakan nama acara temu nasional sarasehan paztrooper yang baru saja selesai digelar sejak Jumat - Selasa, 22 - 26 Desember 2023 di kantor Pusat PAZ Al Kasaw, Ayub Camp, Klaten, Jawa Tengah

Bersyukur event yang dimulai dengan pertunjukan Paztrooper Festival Equestrian Archery Exibition ini bisa berjalan lancar tanpa kurang suatu apa. 

Tak kurang tercatat di bagian registrasi, event ini dihadiri oleh 262 peserta. Uniknya kali ini paztrooper datang bersama keluarganya. Ada yang ibunya sudah paztrooper, suaminya belum paztrooper juga turut hadir. 

Bahkan ada yang 12 personil datang dari Jambi semuanya keluarga besar sudah paztrooper semua juga berhadir. Gegap gempita Ayub Camp sejak mulai hari jumat para paztrooper saling silaturahmi, diskusi, mengenang dulu ketemu paz basic, ketemu siapa supervisornya dulu pas basic dan lain sebagainya.

Tak terasa, detik ini, sudah pada jadi praktisi terapi PAZ yang ahli dan memberikan dampak luar biasa bagi lingkungannya.

Nah, bagaimana kisi kisi kegiatan selama paztrooper fest, rekan dari paztrooper malang sudah secara apik memberikan resumenya. Mari kita simak bersama:

Resume Paztrooper Fest 2023: Hari Pertama

Alhamdulillah, acara Paztrooper Fest hari pertama telah terlaksana. Diikuti oleh ratusan Paztrooper dari berbagai penjuru negeri, mulai dari Aceh, Sumbar, Riau, Jambi, Samarinda, Kendari, Bali, Tegal, Semarang, Depok, Surabaya, dan lain lain.

1. Sesi 1 di pagi hari membahas Peran PAZ dari kacamata Dokter.

Mengulik peran PAZ dalam pandangan medis hari ini yang bisa terus bersinergi dan berkolaborasi untuk mengupayakan kesehatan masyarakat luas. Sesi ini diisi oleh dr. Sentot Primadianto.


2. Sesi 2 Paztrooper diberikan ilmu, nasihat, serta pengingat dari Ust Dr. Sofyan Baswedan terkait hakikat kesehatan dan kesembuhan dalam pandangan Islam.

Membedah adab adab seorang Muslim dalam menyikapi dunia kesehatan hari ini, membahas hakikat tawakal dalam setiap upaya menjemput kesembuhan, mentadabburi kesabaran Nabi Ayub dalam menghadapi sakitnya, dan lain lain.

Bahasan yang menjadi pengingat diri bagi Paztrooper bahwa sbg Makhluk kita ini lemah, sehingga harus terus melibatkan Alloh dalam setiap aktifitas kita.

3. Sesi 3, sharing terkait tata cara dan upaya pengelolaan Rumah Sehat yang profesional.


Alhamdulillah dibersamai oleh Pak Arief Yulianto, Nyai Miji, dan Bu Astuti yang sudah mengoptimalkan rumah sehatnya sampai dengan rata rata jumlah perbulannya bisa ratusan klien.

Alhamdulillah, memberikan tips dan saran terkait optimalisasi iklan, menyiapkan tempat yang layak dan profesional, upaya legalitas, bahkan sampai manajemen kuangan rumah sehat. Sharing yang sangat bermanfaat untuk Paztrooper dalam menyiapkan rumah sehat yang profesional.

4. Sesi 4, sharing terkait daya juang Paztrooper yang dibersamai oleh Pak Iwan, Bu Devi, dan Bu Marfuah. Masya Alloh Paztrooper diberikan kisah bagaimana perjuangan untuk mempertahankan eksistensi PAZ Al Kasaw di berbagai daerah.


Bahkan tidak hanya waktu, tapi bahkan harta, pikiran, bahkan sebagian prioritas hariannya sudah diberikan untuk meningkatkan dan mempertahan keilmuan PAZ ini di daerahnya masing masing. Masya Alloh semoga Alloh kuatkan pundak pundak Paztrooper.

5. Sesi 5, Malam Bakti Paztrooper. Sesi untuk perenungan bagi Paztrooper dalam jalan dakwah yang harus diembannya. Dibersamai oleh Teh Aat(istri UHM) dan juga Mas Anjrah selaku Co Founder PAZ Al Kasaw.


Paztrooper diajak untuk kembali meluruskan niat dakwahnya, mengingat perjuangan Gurunda yang luar biasa untuk membantu memandirikan Umat dalam dunia kesehatan yang saat ini sudah dilanjutkan oleh murid muridnya.


Sehingga hati para Paztrooper bisa dipenuhi oleh keyakinan, keoptimisan, dan semangat yang berkobar untuk meneruskan jalan juang dakwah ini. Membersamai umat sampai Akhir Zaman.

Resume Paztrooper Fest 2023: Hari Ke Dua

Alhamdulillah, acara Paztrooper Fest telah selesai dilaksanakan. Banyak sekali pelajaran dari materi materi yang disajikan.  

1. Sesi 1 di pagi hari diskusi dan materi dipandu oleh Mas Budi Purnomo dan juga Pak Agus Trisulo. Sesi ini membedah urutan prioritas penyimpangan primer, sekunder, tersier dalam kaidah PAZ.

Memahami masalah dan merumuskan solusi adalah pokok bahasan pada materi ini.

Selain itu juga dijelaskan bahwa metode diagnosa ala PAZ yang sudah diajarkan di kelas Basic (yaitu, visual, titik sentuh, pubis) adalah metode diagnosa primer yang menjadi utama.

Selebihnya adalah metode diagnosa sekunder yang sifatnya hanya melengkapi diagnosa primer.

2. Sesi 2 Paztrooper diajak untuk mengenal dan memahami urgensi dari olahraga sunnah yaitu memanah dan berkuda yang dipaparkan oleh dr. Galeh dan Ust Iskandar.


Begitu banyak hal menarik yg dibahas dari manfaat olahraga sunnah ini. Salah satu yang dijabarkan bahwa berkuda bisa membantu ibu pasca melahirkan untuk bisa segera pulih kembali.

3. Sesi 3, materi terkait ketahanan pangan dari Prov. Harry Abdussalam. Beliau menjelaskan bahwa salah satu hal yang diperlukan umat untuk berjaya adalah adanya ketahanan pangan.


Yang menarik beliau menjelaskan bahwa untuk bisa bertani tidak harus selalu dengan lahan yang besar, banyak model kreatifitas yang bisa dilakukan dengan lahan pertanian yang terbatas.

Bahkan bisa memberi keuntungan yang besar. Selain itu beliau juga menjabarkan solusi untuk beberapa persoalan pertanian hari ini, seperti masalah pupuk, bibit, dan juga efektifitas perawatan.

4. Sesi 4, sharing terkait ibu hamil, melahirkan normal setelah pernah caesar, dan juga kesehatan bayi pasca lahiran, yang disampaikan oleh dr. Hesti Sp.A, Bidan Rizka, dan Bidan Yulia.


Sesi ini menjabarkan pandangan PAZ selama proses kehamilan termasuk masalah masalah yang sering dialami oleh ibu hamil dan juga solusi dari PAZ itu sendiri.

Hal menarik lainnya yang dibahas adalah bagaimana membantu ibu yang ingin melahirkan normal yang sebelumnya sudah pernah caesar. Sehingga bisa membantu menjaga kesehatan bayi dengan lahiran normal. 

5. Sesi 5, membahas keorganisasi PAZTrooper yang dipandu Mas Faiz Al Arif selaku Ketua PAPKA dan Ust Joko selaku Sekjend PAPKA. Pada sesi ini PAZTrooper dipaparkan arah gerak PAPKA untuk memayungi pertumbuhan dan perkembangan PAZTrooper di seluruh Indonesia.


Selain itu juga dijelaskan arah gerak organisasi yang disusun mulai awal PAPKA berdiri sampai saat ini di kepengurusan yang ketiga.


Salah satu pokok bahasan yang dijelaskan adalah bahwa PAPKA pada mulanya didirikan Ust Haris Mujahid untuk mewadahi PAZTrooper setelah kelas Basic agar pembelajaran tidak berhenti. Sehingga menjalankan roda keorganisasi PAPKA juga merupakan bentuk melaksanakan amanah Gurunda Ust Haris Mujahid

Penutup Paztrooper Fest 2023 dengan Outbond Sekeluarga yang Membahagiakan

Setelah dua hari digembleng materi dan sharing keilmuan dalam suasana serius dan khidmat, hari akhir paztrooper fest tim panitia membuatkan outbond.


Momen refreshing sekaligus momen menorehkan kebersamaan bersama keluarga. Para ayah bunda paztrooper bisa bermain bersama putra putrinya dalam outbond yang didampingi oleh fasilitator profesional.

Keceriaan terbangun, semangat kekompakan terbangun, momentum kebersamaan menaklukan tantangan bersama juga terjadi.


Gelak canda tertawa namun ada hikmah mendalam dalam tiap tiap permainan benar benar membuat suasana semakin seru dan menantang.

Semoga Sarasehan Nasional dan Paztrooper Fest 2023 benar benar menjadi hal yang selalu dikangenin serta dikenang bagi paztrooper sekeluarga. Minta maaf atas segala kekurangan yang terjadi.


Oya, btw, taukah anda kapan tradisi sarasehan nasional pertama diselenggarakan?

Ya bertepatan pada tanggal 25-26 Desember 2020 sekaligus opening perdana ayub camp.

Pokoknya, Dinantikan bisa hadir kembali di waktu yang akan datang, insya Allah.