• Home
  • Blog
  • Alhamdulillah, Paztrooper Turut Kontribusi Makalah Pengobatan Dalam Islam di Konferensi Internasional Ini

Alhamdulillah, Paztrooper Turut Kontribusi Makalah Pengobatan Dalam Islam di Konferensi Internasional Ini

Anjrah Ari Susanto Rabu 18 Oktober, 2023 Share
alhamdulillah-paztrooper-turut-kontribusi-makalah-pengobatan-dalam-islam-di-konferensi-internasional-ini

Memberpaz.Net - Syiar tentang PAZ bisa dilakukan oleh siapa saja dalam profesi apa saja. Salah satunya kontribusi Makalah Pengobatan Dalam Islam berjudul "Minum Madu, Bekam, dan Kay dalam Perspektif Terapis PAZ" yang di tulis oleh Ustadz Danni Nursalim dan Ustadzah Neni Nurlaela dari Universitas Islam Sunan Gunung Djati Bandung.

Makalah Pengobatan Dalam Islam tersebut dipresentasikan oleh Dr. Neni Nurlaela, Lc. M. Ag.dalam Konferensi Internasional Hadist, Turats, dan Peradaban Sains Modern, Rabu-Jumat, 13- 15 September 2023 di Sekolah Tinggi Agama Islam Persis Garut Jawa Barat. Acara tersebut diselenggarakan oleh Asosiasi Ilmu Hadits Indonesia (ASILHA).


Luar biasanya, konferensi bergengsi para akademisi ahli hadist tersebut mengambil tema Hadits, Turats dan Peradaban Sains Modern” (Hadith, Turath and Modern Scientific Civilization) yang dihadiri oleh delegasi dari 23 Kampus Perguruan Tinggi Keagamaan Islam dari berbagai propinsi di indonesia serta 12 kampus di luar negeri.

Pada Makalah Tersebut, Penulis Menyampaikan paparan kesempurnaan islam yang mencangkup segala hal. Tidak lepas dari perhatian islam adalah aspek kesehatan. Kesehatan yang merupakan modal utama bagi manusia bisa menjalani kehidupan maupun ibadah secara maksimal di dunia.

Salah satu inspirasi dari Hadist Nabi dalam menjaga kesehatan disampaikan dalam sabda beliau, Dari Ibnu Abbas, dari Nabi Saw bersabda, “Kesembuhan ada pada tiga (perkara): Sayatan pembekam, atau minum madu, atau kay (dipanaskan) dengan api. Dan Aku melarang umatku untuk melakukan kay.” (AlBukhari, 2012, 5357; Al-Naysab?ry, 2010, 3491)

Inspirasi dari Hadist Di atas, Rasulullah Saw sudah memberikan petunjuk bagi umatnya untuk berikhtiar dalam mencari kesembuhan bagi penyakit yang dideritanya. Di antara metode terapi kesehatan yang paling terkenal yang ditunjukkan oleh Rasulullah Saw adalah minum madu, bekam dan al-Kay. Selama berabadabad lamanya umat Islam menjadikan hadis ini sebagai dasar untuk mendapatkan kesembuhan. Bahkan di era modern ini, penelitian menunjukkan bahwa madu dan bekam mempunyai kontribusi yang luar biasa dalam menunjang kesehatan masyarakat, sehingga banyak masyarakat yang beralih ke terapi komplementer ini.

Paztrooper sebagai terapis yang berbasiskan Islam juga sangat meyakini kebenaran hadis tersebut. Hanya saja Paztrooper memahami hadis ini secara tekstual dan kontekstual, sesuai dengan petunjuk hadis dan sesuai dengan hasil penelitian, serta realita di lapangan. Oleh karena itu, Paztrooper berusaha untuk melaksanakan dan mendakwahkan metode pengobatan ala Nabi Saw ini, sebagai bentuk kecintaan kepada ajaran Islam dan sebagai bentuk ketundukan kepada petunjuk Rasulullah Saw.

Lebih Jelas, Anda bisa mendownload draft Makalah Pengobatan Dalam Islam tulisan Ustadz Dani dan Ustadzah Neni ini KLIK DI SINI. 

Beberapa tulisan lain yang bisa anda download adalah:

1. Sri Kustiyati Pelayanan Kesehatan Dengan Metode Paz Al Kasaw, Klik Di Sini
2. Hamzah Praktek Pengobatan Dengan Ayat Al-qur’an Studi Living Qur’an Di Klinik Pengobatan Akhir Zaman, Klik Di Sini
3. Juliana Maulizhar Syam, Pengobatan Akhir Zaman Al-kasaw (Paz) Pada Rumah Sehat Pango Dalam  Perspektif Al-qur’an, Klik Di Sini
4. Siti Rahmawati Parenting In The Bapukung Tradition, Klik Di Sini

Misal rekan rekan paztrooper punya tulisan lain yang dipublikasikan, bisa info saja ke admin ya. Bisa chat ke whatsapp: 0856-0212-1700

Terima kasih atas kontribusi rekan rekan paztrooper secara akademik terhadap PAZ Al Kasaw. 

Anjrah Ari Susanto