• Home
  • Blog
  • Apakah Pengobatan Akhir Zaman Penipuan? Apa Benar PAZ Al Kasaw Penipuan?

Apakah Pengobatan Akhir Zaman Penipuan? Apa Benar PAZ Al Kasaw Penipuan?

Anjrah Ari Susanto Minggu 29 Oktober, 2023 Share
Apakah Pengobatan Akhir Zaman Penipuan? Apa Benar PAZ Al Kasaw Penipuan?

Memberpaz.net - Bismillah, Pada Kesempatan Ini, Kami menjawab Apakah Pengobatan Akhir Zaman Penipuan? Apa Benar PAZ Al Kasaw Penipuan?

Kami memahami ada banyak calon peserta pelatihan paz al kasaw maupun para calon klien terapi paz al kasaw ingin menentramkan hatinya. Ingin mendalami lebih jauh sebelum hadir di pelatihan maupun ingin ikhtiar terapi. Maka, melalui sarana google dipelajari lebih dalam mengenai PAZ Al Kasaw.

Sebab secara biaya pelatihan tentu saja tidak sedikit, secara biaya terapi paz al kasaw pun tidak murah.

Apakah Pengobatan Akhir Zaman Penipuan?

PAZ Al Kasaw adalah gaya sehat dan metode terapi yang ditemukan oleh seorang muslim asal cileunyi Bandung.

Beliau bernama Ustadz Haris Moedjahid Rahimahullah. Sosok da'i yang dulunya belajar di Technische Universiteit Delft  jurusan Aeronoutical Enginering (spesialisasi struktur dan rangka pesawat terbang), Belanda.

Sejak kecil beliau sakit sakitan, walaupun tentu sudah mengupayakan pengobatan terbaik sepanjang usia beliau. Di usia remajanya bahkan beliau sudah menjalani operasi usus buntu. 

Berangkat dari keluhan pada diri yang demikian, beliau selalu bertanya, apakah tidak ada solusi mengenai keluhan pada badannya. Lebih spesifik beliau bertanya apakah dalam agama islam yang mampu menjelaskan segala sesuatu tidak ada bahasan mengenai pengobatan?

Maka, walau jurusan sekolah beliau dibidang struktur dan rangka pesawat terbang, tidak mudah pula beliau bisa sampai masuk ke jurusan tersebut. Beliau mendedikasikan waktunya guna mengkaji ilmu pengobatan.

Perjalanan Keilmuan Ustadz Haris Moedjahid Rahimahullah

Ilmu pengobatan tradisional pertama yang memikat hati beliau adalah metode pengobatan bekam / hijamah. Salah satu metode terapi thibbun nabawi (pengobatan ala nabi) yang Rasulullah jelaskan dalam beberapa hadistnya:

Rasulullah Saw. bersabda, “Sebaik-baik pengobatan yang kalian lakukan adalah al-hijamah (berbekam).” (HR Ahmad).

Rasulullah Saw. bersabda, "Sesungguhnya pada bekam itu terkandung kesembuhan." (Kitab Mukhtashar Muslim (no. 1480), Shahihul Jaami' (no. 2128) dan Silsilah al-Hadiits ash-Shahiihah (no. 864), karya Imam al-Albani)


Dari Uqbah bin Amir RA, Rasulullah SAW bersabda, "Ada 3 hal yang jika pada sesuatu ada kesembuhan, maka kesembuhan itu ada pada sayatan alat bekam atau minum madu atau membakar bagian yang sakit. Dan aku membenci pembakaran (sundutan api) dan tidak juga menyukainya." (HR. Ahmad dalam Musnad-nya)

Dari Ibnu Umar RA, Rasulullah Saw. bersabda, "Tidaklah aku melewati satu dari langit-langit yang ada melainkan para malaikat mengatakan: 'Hai Muhammad, perintahkan ummatmu untuk berbekam, karena sebaik-baik sarana yang kalian pergunakan untuk berobat adalah bekam, al-kist, dan syuniz semacam tumbuh-tumbuhan'." (Kitab Kasyful Astaar 'an Zawaa-idil Bazar, karya al-Haitsami, III/388)

Dari Anas RA, dia bercerita: "Rasulullah Saw. bersabda, 'Jika terjadi panas memuncak, maka netralkanlah dengan bekam sehingga tidak terjadi hipertensi pada salah seorang diantara kalian yang akan membunuhnya'." (diriwayatkan oleh al-Hakim dalam kitab al-Mustadrak, dari Anas RA secara marfu', beliau mensyahihkannya yang diakui pula oleh adz-Dzahabi (IV/212))

Sejak mengenal ilmu pengobatan bekam beliau terus memperdalam dan berguru berbagai macam metode terapi tradisional baik dari banyak praktisi pengobatan dalam maupun luar negeri.

Ustadz Haris Mendirikan Rumah Terapi Tradisional Iqro Sehat

Ada pepatah terkenal bahwa "buah ilmu adalah amal".

Berlalunya waktu sosok ustadz yang gemar berkuda ini dalam mencari ilmu pengobatan, beliau bersama istri dan timnya mengagas layanan unit usaha terapi penyehatan tradisional bernama iqro sehat. 


Di iqro sehat ustadz Haris mengejawantahkan ilmu yang sudah didapat guna melayani masyarakat. Beliau berikan terapi dan bi idznillah sambutan masyarakat atas keberadaan iqro sehat ini positif. Allah mudahkan iqro sehat berkembang serta timnya pun bertumbuh.

Rasa puas dari para pelanggannya tidak menyebabkan Ustadz Haris Rahimahullah kemudian berhenti belajar. Dilapangan saat menterapi beliau menghadapi kasus kasus yang sulit, beliau kembali bertanya pada guru, membuka literatur, bahkan menyempatkan waktu guna berguru metode terapi lebih banyak lagi.

Pada suatu kesempatan, beliau sampaikan kepada saya, setidaknya sudah lebih dari lima puluh ragam metode terapi beliau pelajari. Sebutlah dari bekam, herbal, akupuntur, berbagai nama metode pijat, terapi rendaman, terapi inframerah dan banyak lagi lainnya

Ustadz Ingin Masyarakat Bisa Sehat Mandiri dengan Ilmunya

Punya banyak ilmu terapi namun ustadz Haris Rahimahullah masih saja mengalami keresahan. 

Beliau ingin supaya masyarakat dan kaum muslimin bisa memiliki keilmuan yang sama sehingga bisa membantu diri maupun sesamanya ketika dirundung penyakit. 


Selain berpraktek beliau juga sering membuat seminar maupun pelatihan. Awal pelatihan diformat gratis melalui masjid, islamic center, maupun undangan dalam beberapa acara. 

Dari mekanisme membagi ilmu secara gratis beliau tidak mendapatkan banyak murid, hanya sedikit saja yang serius belajar. Lebih banyak yang justru malah ingin jadi pasien / klien terapi beliau saja.

Maka beliau mengevaluasi mekanisme membagi keilmuannya di kemudian hari menggunakan sistem berbayar, anggapannya supaya lebih didapatkan para murid yang lebih besar kemungkinannya menjadi kader beliau.

Kristalisasi Riset Keilmuan Bernama PAZ Al Kasaw

Disisi lain, beliau juga berfikir, apakah bisa metode terapi itu dibuat lebih sederhana, tidak terlalu banyak serta rumit. Cara terapinya tidak bergantung harus pakai alat, sesederhana mungkin, tapi tetap bisa mengatasi lebih banyak penyakit. 

Beliau meriset, merancang, mekanisme terapinya maka sampai terkristalisasi menjadi metode yang sejak 2018 kita kenal dengan metode pengobatan akhir zaman paz al kasaw.

Sebagai informasi tambahan, Sebelum tahun 2018 metode yang beliau kembangkan belum memiliki nama yang pasti. Kadang beliau sebut zakadaek terapi, haris method, usik metod dan sebagainya

Baru ketika sudah bertemu dengan kami di klaten, saya, ustadz Haris rahimahullah, dan pak Bilal sepakati nama brand gaya sehat dan metode terapinya untuk ke depan dengan satu nama yakni PAZ Al Kasaw. 

Apa Hubungannya dengan Topik di atas? Apakah Pengobatan Akhir Zaman Penipuan? Apa Benar PAZ Al Kasaw Penipuan?

Metode Pengobatan PAZ Al Kasaw Bukanlah Penipuan

Lahir dari seorang da'i muslim yang mendedikasikan kehidupannya untuk umat dan memikirkan umat. Bisa dirunut sejarah serta bukti bukti upaya keras beliau dalam meriset keilmuan PAZ Al Kasaw bahkan menggali ke banyak guru guru beliau.

Murid pelatihan paz al kasaw saat ini (2023) sudah diatas 17.000 pun bisa secara real digali serta ditanya. Bahkan sudah ada organisasi alumni pelatihan PAZ Al Kasaw. Para murid pelatihan paz al kasaw tergabung dalam Perkumpulan Alumni Pelatihan Kesehatan Al Kasaw  (PAPKA).

List nama beberapa praktisi aktif bisa disimak di website PAPKA. Para praktisi alumni pelatihan PAZ Al Kasaw biasa disebut sebagai paztrooper.

Secara kelembagaan, PAZ Al Kasaw memiliki markas pusat, rumah paztrooper sedunia di Ayub Camp Klaten bisa di cek serta di teliti apabila ingin lebih tahu dan mengenal paz al kasaw.


Terkait manfaat, apakah terapi paz benar benar memberikan manfaat kepada yang sedang sakit. Boleh disimak ada banyak video testimoni yang secara jujur disampaikan baik para alumni pelatihan yang merasakan manfaat terapi, maupun dari klien terapi paz al kasaw.

Silakan bisa disimak kesan testimoni di youtube official paz al kasaw, tiktok paz al kasaw, facebook paz al kasaw, maupun instagram paz al kasaw.

Maka, diharapkan, dengan penjelasan dari artikel ini, bisa menjawab apakah PAZ Al Kasaw merupakan lembaga yang riil, ilmunya riil, testimoninya riil, bahkan ada sejumlah tulisan ilmiah yang sudah ditulis oleh para alumni. Bisa dibaca di sini.

Sebagai penutup, menarik disampaikan, ada banyak bahkan yang awalnya menyangka PAZ Al Kasaw ini penipuan, selepas meneliti bahkan ikut pelatihannya.

Hari ini, Allah beri taufik mereka malah menjadi pengamal ilmu paz sekaligus praktisi terapi yang sehari hari bisa menolong banyak orang sakit bi idznillah dengan ilmu PAZ Al Kasaw.

Wallahu'alam.